5 Perbedaan Entrepreneur dan Pengusaha

Selasa, 8 Aug 2017 oleh Yangbikinlebih Admin

SHARE

  • Apakah kamu seorang entrepreneur atau pengusaha? Pernah nggak sih kamu bertanya-tanya apa perbedaan antara keduanya? Seorang entrepreneur dan pengusaha memiliki banyak kesamaan. Kedua bidang tersebut menyediakan lapangan kerja untuk pengangguran, memberikan solusi kepada konsumen, dan membantu dalam mengembangkan ekonomi suatu negara tertentu. Namun, mereka bukan tipe orang yang sama. Berikut ini adalah 10 perbedaan antara entrepreneur dan pengusaha.

    1. Ide

    Seorang pengusaha bisa membuat bisnis dari ide bisnis atau produk yang nggak orisinil. Pengusaha memasuki bisnis yang ada, seperti waralaba dan ritel. Dia memilih ide bisnis yang sedang naik daun dan menguntungkan terlepas dari apakah itu gagasan aslinya atau dari orang lain.

    Sedangkan entrepreneur adalah penemu dan pencipta produk yang pertama. Entrepreneur berani menyisihkan waktu, energi dan uang untuk gagasannya sendiri. Dia biasanya memiliki ide yang orisinil, yaitu ide yang lain dari biasanya.

    2. Tujuan

    Kebanyakan pengusaha melakukan bisnis untuk mendapatkan keuntungan, untuk mencapai keuangan yang stabil, bahkan menjadi sukses. Padahal, ada beberapa pelaku bisnis yang nggak berorientasi pada keuntungan tapi berorientasi pada orang, yaitu mereka lebih memperhatikan kesejahteraan pekerjanya dan kepuasan pelanggan mereka.

    Entrepreneur lebih peduli pada perubahan yang ada di sekitar mereka. Mereka ingin mengejar passion dan mencapai tujuan akhir yang memiliki kesenangan. Mereka nggak tertarik pada keuntungan finansial, namun mereka fokus pada apa yang dapat mereka tawarkan kepada lingkungan sekitar.

    3. Risiko

    Pengusaha mengambil risiko yang dihitung dan dikelola. Mereka sebisa mungkin nggak mau kehilangan uang dan mengalami kebangkrutan. Itulah sebabnya mereka selalu melakukan perhitungan dalam urusan bisnis.

    Sebaliknya, entrepreneur itu seperti sky divers. Mereka mengambil risiko yang gila. Mereka sering nggak peduli kehilangan waktu dan uang hanya untuk mengejar passion. Tapi karena mereka melakukannya dengan semangat, cinta, dan penuh sukacita, mereka sering mendapatkan hasil yang luar biasa. Karena mereka melakukan hal-hal yang paling mereka cintai, entrepreneur akan melakukan dengan sebaik-baiknya, yang justru mencapai kesuksesan yang lebih besar.

    4. Waktu

    Seorang pengusaha nggak membuang waktu. Dia selalu mengecek jam dan nggak mau ada pekerjaan atau kegiatan yang harus tertunda di luar jadwal.

    Sebaliknya, entrepreneur bekerja seperti seniman atau ilmuwan di laboratorium. Produknya adalah karya besarnya. Itulah sebabnya dia bisa agak lamban dan bisa menghabiskan waktu lebih lama untuk menyelesaikan dan menyempurnakan produknya.

    5. Definisi sukses

    Seorang pengusaha mendefinisikan kesuksesan sebagai keberhasilan bisnis dan pemangku kepentingannya. Pemangku kepentingannya meliputi dirinya sendiri, pemilik bersama, karyawan, pelanggan, investor, dan bahkan komunitasnya. Seorang entrepreneur melakukan pekerjaannya dan membiarkan perjalanan mendefinisikan kesuksesan yang dia capai.

    Rekomendasi

    Loading...